Sunday, March 20, 2016

Beberapa Jenis Buah-buahan Yang Disebut Dalam Al-Qur'an

Bismillahirrahmanirrahiim....
Assalamualaikum Wr.Wb sahabat islam pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Jenis Buah-buahan yang disebut didalam Al-Qur'an. Apa itu buah-buahan?, pasti sebagian besar sahabat islam tahu apa itu buah-buahan. Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang Allah ciptakan untuk mahkluk hidup baik untuk manusia maupun untuk hewan. Oleh karena itu Allah SWT menyebut beberapa jenis buah dalam al-Qur'an. Berikut beberapa buah-buahan yang di sebut dalam Al-Qur'an.





  • Buah Delima (QS. Al-An'aam: 141)_


  • وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ


    "Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-An'aam : 141)




  • Buah Pisang (QS. Al-Waqiah : 27-29)


  • وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ -٢٧- فِي سِدْرٍ مَّخْضُودٍ -٢٨- وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ -٢٩

    “Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)”

    style="text-align: left;">
  • Buah Anggur dan Buah Zaitun (QS. An-Nah : 11)

  •  يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

    “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)


  • Buah Tin (QS. Tin : 1)

  • وَالتِّين وَالزَّيْتُون
    "(Demi  buah Tin dan buah Zaitun) "


  • Buah Kurma 

  • Ada banyak ayat Al-Qur'an yang menyebutkan buah kurma diantaranya : Ar-Rahman: 11;  Al-Qaf:10 ;  Yaasiin: 67 ;  Ar-Ra’du: 4 ;  Maryam: 25-26 (Dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : ‘Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah’.);  Maryam :23;  Al-Baqarah: 266;  Al-An’am: 99;  Al-An’am: 141;  An-Nahl: 11;  An-Nahl: 67;  Al-Isra’: 91;  Al-Kahfi:32;  At-Taha: 71; Al-Mu’minun: 19;  Yaasiin: 34;  Qamar: 20;  Ar-Rahman: 68;  Al-Haaqah: 7 dan ‘Abasa: 29.


    Untuk mengetahui lebih dalam tentang kurma Sahabat Islam bisa langsung melihat ayat-ayat diatas pada Al-Quran sahabat masing-masing.

    Demikianlah sedikit Informasi yang bisa saya sampaikan tentang  Beberapa Jenis Buah-buahan yang terdapat dalam ayat Al-Qur'an, walpun sedikit mudah-mudahan info tentang buah ini bisa bermanfaat untuk sahabat muslim semua.

    wassalam.....