Sunday, June 1, 2014

Tips Membaca Dan Memahami Al-Qur'an Dengan Cepat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bagi umat islam Al qur'an merupakan sumber hukum yang utama dalam menjalani hidup di dunia dan juga merupakan pedoman hidup. Oleh karena itu wajib hukumnya setiap umat islam mampu membaca dan memahami Al-Qur'an karena didalamnya terdapat berbagai pedoman hidup dan ilmu-ilmu yang bisa membawa kita menuju kebahagian dunia akhirat. Banyak cara atau tips agar kita bisa dengan Mudah Membaca dan Memahami Al-Qur'an seperti tips membaca dan memahami al-Qur'an dibawah ini :

Tips Membaca Al-Qur'an

  1. Perhatikan setiap huruf yang di ucapkan (Mahkrojil huruf) dalam Al-Qur'an karena apabila kita salah melafalkan huruf dapat merubah arti yang seberanya dari Al-Qur'an.
  2. Usahakan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar. Jika belum mengetahui tajwid baca di Cara Membaca al-Qur'an
  3. Jangan pernah mempelajari Al-Qur'an secara otodidak Atau belajar sendiri, usahakan ada guru atau pembimbing yang bisa membantu kita dalam mepelajari dan membaca Al-Qur'an
  4. Jangan malu bertanya apabila ada kata yang kurang dimengerti ketika membaca Al-Qur'an.

Tips Memahami Al-Qur'an

  1. Berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memahami Al-Qur'an.
  2. Niatkan dalam hati memahami Al-Qur'an untuk pedoman hidup bukan untuk kepentingan lain.
  3. Baca Al-Qur'an yang memiliki terjemahan karena hal itu dapat mempercepat pemahaman kita terhadap Al-Qur'an.
  4. Pahamilah makna tiap paragraf dalam Al-Qur'an bukan tiap ayatnya.
  5. Di dalam Al-Qur'an ada beberapa ayat yang dijelaskan oleh ayat-ayat lain jadi carilah paragraf atau ayat-ayat  penjelas pada pargraf sebelumnya atau paragraf sesudahnya.
  6. Perbanyaklah membaca Tafsir Al-Qur'an.
  7. menhubungkan Makna dalam Al-Qur'an dengan peristiwa yang terjadi saat ini.
Membaca dan Memahami Al-Qur'an memang membutuhkan proses yang lumayan lama dan tidak bisa langsung secara instan dapat dikuasai dan dipahami. Oleh sebab itu janganlah cepat puas dengan hasil yang kita dapatkan dan teruslah belajar dan belajar  karena itulah kunci yang paling penting dalam membaca dan memahami al Qur'an.

Referensi 
Untuk anda yang mengalami masalah dalam membaca dan memahami alquran seperti yang sudah dibahas di atas, ada sebuah aplikasi alquran digital yang mungkin bisa membantu anda lebih cepat dalam belajar alquran yang bisa anda temukan disini.