Thursday, May 8, 2014

Belajar Membaca Al-Qur'an

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membaca Al-Qur;an dengan baik dan benar. Dalam belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar tentu kita harus mengetahui dasar-dasar dari Al-Qur'an. Yang paling penting dalam belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar adalah mengetahui huruf hijaiyah dan bisa melafalkan huruf-hurufnya dengan benar itulah hal pertama dalam belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Cara membaca Al-Qur'an dengan benar




  • seperti yang saya tulis di atas dalam belajar membaca Al-Qur'an pertama kita harus bisa mengenal dan membaca huruf hijaiyyah yang jumlahnya ada 28 huruf. Membaca Al Quran sama hal kita belajar membaca huruf alphabet dan belajar membaca bahasa indonesia. Jika kita mengetahui dan dapat membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, itu merupakan modal pertama untuk kita membaca Al Quran dengan baik. Namun sebelum membaca Al Quran kita diharuskan mengawali dengan membaca kitab Iqro yang isinya dimulai dari cara membaca dan mengeja huruf hijaiyyah mulai dari ‘Alif sampai dengan ‘Ya kemudian di dalam Iqro kita akan diajarkan awal mulanya belajar membaca dan melafazkan contoh dari huruf hijaiyyah seperti halnya kita kali pertama belajar melafazkan bahasa indonesia, dilanjutkan dengan level dalam membaca Iqro dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 6. Jika sudah tamat dalam membaca Iqro kemudian baru mempelajari baca Al Quran dimulai dari surat Al Fatihah dan Al Baqarah ayat 1-5.


  • belajar membaca al-qur'an





  • jika sudah fasih dalam melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar kemudian mempelajari dan memahami tanda baca dalam tiap ayat Al Quran seperti fathah, kasrah, dan dhomah. Ketiga tanda baca tersebut sama halnya dengan kita membaca dan mengeja tanda huruf vokal dalam bahasa indonesia.





  • Setelah mempelajari bacaan A-Qur'an dengan tanda baca, kemudian dilanjutkan dengan melafazkannya dengan mengetahui panjang pendeknya harkat yang harus dibaca. Selain tanda baca seperti fathah, kasrah dan dhomah, ada tanda baca lainnya yang harus diperhatikan seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil dll. Walaupun isyarat tanda baca ini tidak sering muncul dalam tiap ayat Al Quran. Namun kita harus benar-benar memperhatikan isyarat dan tanda baca yang muncul di tiap ayat Al Quran.





  • setelah menguasai tiga tahap di atas selanjutnya kita juga harus mempelajari tajwid, dalam belajar membaca Al-Qur'an tajwid juga merupakan hal yang penting untuk di pelajari, berikut hukum bacaan tajwid 
    a. Idgham Bighunnah, dibaca berdenggung sampai 6 har’kat                                                      b. Idgham Billaqunnah, sama halnya dengan Idgham Bighunnah
    c. Izhar, dibaca jelas
    d. Ikhfa, dibaca samar
    e. Iqlab, apabila bertemu dengan huruf iqlab, maka dibaca huruf mati contoh mim ( م )
    belajar membaca al qur'n dengan baik dan benar






  • Yang terakhir adalah “praktek”. Dengan mempraktekan bagaimana cara membaca Al Quran, kita bisa mengetahui seberapa besar kemampuan kita dalam membaca, memahami Al Quran. Membaca Al Quran juga sangat diwajibkan sebagai Ummat Muslim karena dari tiap 1 ayat yang kita baca mengandung 10 kebaikan. Agar kita fasih dan benar dalam membaca, melafazkan dan memahami Al Quran ada baiknya menggunakan guru pembimbing agar jika terjadi kesalahan dalam melafazakannya ada yang membantu memperbaiki kesalahan dalam melafazkan.


  • Perintah Belajar Membaca Al-Qur'an


    Disebutkan dalam shahih Bukhari dari sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shollallahu ‘alahi wasallam bersabda,



    عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ (رض) قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ (ص م) خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْ آنَ وَعَلَّمَهُ
    (وأخرجه البخاريّ والترمذيّ والنسائيّ وابن ماجة)

    Artinya : Dari ‘Usman bin Affan ra., ia berkata, Rasulullah saw bersabda. “Orang yang paling baik diantara kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya”.
    (Hadist ini adalah hadist shahih yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhori, Abu Daud, Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Darimi ).

    Belajar membaca Al-Qur'an
    Berikut artikel saya tentang Belajar membaca Al-Qur'an. Semoga dengan membaca artikel ini, sahabat semua bisa lebih tahu tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur'an

    Download juga Al-Qur'an mp3 disini