Tuesday, May 6, 2014

8 Fakta Menarik Tentang Al-Qur'an

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,  Setiap agama memiliki kitab suci yang dipercaya sebagai pedoman untuk menjalani hidup di dunia bahkan di akherat termasuk agama islam yang memiliki kitab suci Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan kitab suci umat islam yang di turunkan kepada baginda Rasulullah Nabi Muhammad Saw sebagai mukjizat yang di dalamnya terdapat kalam-kalam Allah swt yang berisi tentang berbagai perintah,larangan bahkan anjuran untuk umat muslim agar selamat di dunia maupun di akhirat.Terdapat juga kisah-kisah masa lalu dalam Al-Qur'an seperti kisah Adam, kaum Nuh, kaum Luth, kaum Ibrahim, kaum Ad, kaum Tsamud, kaum Saba, Bani Israil, Firaun, Haman, dan Dzulqarnain. Berdasarkan penggalian kepurbakalaan dari para ahli, yang bahkan sebagian besarnya orang Barat non-muslim, semua informasi yang termaktub dalam Al-quran itu dipastikan sangat akurat, termasuk untuk hal-hal yang amat sangat detail
Berikut beberapa fakta menarik tentang Al-Qur'an di antaranya adalah bismillahirrahmanirrahim

Fakta menarik tentang Al-Qur'an



  • 1. terdapat 114 kalimat  (بسم الله الرحمن الرحيم) bismillahirrahmanirrahim meskipun dalam surat At-Taubah tidak ada kalimat (بسم الله الرحمن الرحيم) bismillahirrahmanirrahim, mengapa demikian karena satu kalimat bismillahirrahmanirrahim terdapat dalam surat An-Naml [27:30]  انه من سليمن وانه بسم الله الر حمن الرحيم


  • 2. Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad selama 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah.
  • 3. ketika seseorang membaca Al-Qur'an, maka ia akan mendapat 10 pahala dari setaiap huruf yang di bacanya “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya kebaikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf.” (Shahih HR.Tirmidzi)


  • 4. Dalam Al Qur’an, pada surah An Nisaa dijelaskan dan diterangkan tentang hukum-hukum nikah.
  • 5. Minuman terbaik yang disebutkan dalam Al Qur’an adalah susu, sedangkan makanan terbaik yang disebutkan adalah Madu.
  • 6. Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik yang disebutkan dalam Al Qur’an karena di dalamnya terdapat 1 malam di mana malam itu lebih mulia dari 1000 bulan (malamLaialtul Qadar)


  • 7. Surah terpanjang dalam Al Qur’an adalah surah Al Baqarah (286 ayat dalam 48 halaman), sedangkan surah terpendek adalah surah Al Kautsar (3 ayat dalam 2 baris)
  • 8. Rajul (Laki-laki) dan Imraah (wanita) masing-masing disebutkan sama banyak, yaitu 24 kali. 


  • Demikian Fakta-fakta menarik tentang Al-Qur'an masih banyak fakta-fakta lain tentang Al-Qur'an yang tidak saya tulis pada artikel kali ini.