Wednesday, February 12, 2014

Pengertian agama islam

Assalamualaikum.wr.wb

Alhamdulillah saya ucapkan sebagai rasa syukur saya karena allah swt telah memberi kesempatan kepada saya untuk berbagi ilmu di
blog ini. Di postingan yang pertama ini saya akan mencoba berbagi ilmu tentang agama islam yang sangat saya cintai.
Pengertian agama islam menurut saya merupakan satu-satunya agama yang allah swt ridhoi serta merupakan sumber hukum dan pedoman kita menjalani hidup didunia dan diakhirat.
Sedangkan Pengertian Islam menurut Al-Quran tercantum dalam
sejumlah ayat.
1. Islam berasal dari kata "as-silmu " (السلم)
yang artinya damai
“dan jika mereka condong kepada
perdamaian, Maka condonglah
kepadanya dan bertawakkallah kepada
Allah. Sesungguhnya Dialah yang
Maha mendengar lagi Maha
mengetahui.” (QS. Al-Anfal:61).
2. Islam berasal dari kata "aslama "(اسلام)
yang artinya menyerahkan diri
(pasrah).
“Dan siapakah yang lebih baik
agamanya dari pada orang yang ikhlas
menyerahkan dirinya kepada Allah,
sedang diapun mengerjakan kebaikan,
dan ia mengikuti agama Ibrahim yang
lurus? dan Allah mengambil Ibrahim
menjadi kesayanganNya” (QS. An-Nisa:125).
3. Islam berasal dari kata "istalma
mustaslima "(مستلم،استلم) yang artinya penyerahan
total kepada Allah.
”Bahkan mereka pada hari itu
menyerah diri” (QS. Ash-Shaffat:26 )
4. Islam berasal dari kata "saliimun
salim "(سليم سلم) yang artinya bersih dan suci.
“Kecuali orang-orang yang
menghadap Allah dengan hati yang
bersih” (QS. Asy-Syu ' ara:89 )
5. Islam berasal dari kata "salamun "سلام
yang artinya selamat.
“Berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan
kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada
Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku” (QS.
Maryam:47).

Dari beberapa pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa islam merupakan agama yang bisa menyelamatkan kita. Bahkan dalam beberapa sejarahpun agama islam tercatat sebagai agama yang pernah ikut andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan, contohnya penemu rumus al jabar yang merupakan seorang muslim yang hingga sekarang masih di gunakan dalam pelajaran matematika, untuk sejarah lengkap tentang al jabat cek disini

Demikian pengertian islam menurut saya dan pengertian islam menurut beberapa ayat al qur'an. Mohon maaf apabila ada penulisan kata yang salah karena kesalahannya berasal dari diri saya pribadi dan kebenarannya berasal dari allah swt.  Semoga postingan pertama saya bisa bermanfaat bagi orang-orang yang ingin belajar tentang agama islam lebih dalam

Wassalamualaikum.wr.wb