Thursday, February 13, 2014

Doa setelah adzan


CARA MENJAWAB ADZAN DAN DOA SETELAH ADZAN
Assalamualaikum.wr.wb
Suatu hari saya pernah ditanya oleh seseorang tentang adzan; dia bertanya apa yang sebaiknya kita lakukan ketika mendengar adzan ? Saya sempat bingung ketika mendengar pertanyaan tersebut setelah cari sana sini akhirnya saya menemukan artikel ini dan menurut saya artikel ini cukup membantu bagi orang-orang yang mempunyai rasa ingin tahu dan ingin belajar seperti saya; sunnah-sunnah nabi seperti ini menurut saya di zaman sekarang sudah mulai ditinggalkan oleh umat islam oleh karena itu mudah-mudahan melalui blog ini sunnah nabi tidak di lupakan oleh umat islam 
Langsung saja ini artikel yang saya Temukan tentang adzan 
 jadi Jika kita mendengar Adzan, kita disunahkan menjawab Adzan. 
Cara menjawabnya adalah dengan mengulang pelan - pelan setiap kalimat adzan itu.
Kecuali pada saat muadzin mengucapkan:
HAYYA 'ALASH-SHALAAH.
"Marilah kita didirikan shalat".
Dan
HAYYA 'ALAL-FALAAH.
"Marilah kita menuju kemenangan".
Maka kita menjawab:
LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
Artinya:
"Tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah".
Pada adzan subuh, ketika muadzin mengucapkan:
ASH-SHALAATU KHAIRUM MINANNAUM
Dan kita yang mendengarkannya menjawab:
SHADAQTA WA BARARTA WA ANAA 'ALAA DZAALIKA MINASY-SYAAHIDIN
Artinya:
"Engkau benar, engkau betul! dan saya termasuk diantara orang - orang yang menyaksikan hal itu"
Sumber : http://tuntunansholatdankumpulandoa.blogspot.com/2009/09/doa-menjawab-adzan.htm 

Lalu Doa setelah adzan



اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا

الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ،
إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHIDDA’ WATITTAMMAH. WASHOLAATIL QOOIMAH. AATI MUHAMMADA NILWASIILAH. WAL FADHIILATA WAB’ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDANILLADZII WA’ADTAH (Innaka Laa Tukhlifu Al-Mi’aad)
Artinya :
“”Ya Allah, Rabb Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan, Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam) dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan. [Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji].”baca do'a setelah adzan,jika belum hapal tunggu postingan saya berikutnya 

Semoga bermanfaat :)