Saturday, January 24, 2015

13 Tempat Ziarah Yang Harus Di Kunjungi Ketika Naik Haji

Naik haji merupakan rukun islam yang kelima dan merupakan salah satu ibadah yang pahalanya sangat besar, tingkat kewajiban naik haji tergantung pada keadaan seseorang , seseorang akan dikatakan wajib melaksanakan naik haji apabila orang tersebut telah mampu melaksanakannya yaitu mampu fisik (sehat dan tidak memiliki gangguan mental) dan juga mampu financial (memiliki keuangan yang mencukupi untuk melaksanakan ibadah haji). Ketika kita berangkat ke tanah suci sayang rasanya apabila waktu kita di sia-siakan begitu saja, alangkah baiknya ketika kita memiliki waktu luang saat pergi haji kita gunakan untuk mengunjungi atau berziarah ke tempat-tempat bersejarah yang ada kaitannya dengan perkembangan Islam ketika zaman Nabi Muhammad SAW. Berikut ini 13 tempat ziarah yang harus dikunjungi ketika naik haji.

Tempat Ziarah Di Mekkah

  1. Jabal Nur dan Gua Hiro

  2. Disebelah utara Masjjidil Haram lebih kurang 6 km terdapat sebuah gunung yang disebut Jabal Nur. Untuk mendaki ke atas memrlukan waktu lebih kurang 1 jam. Di puncaknya agak menurun sedikit terdapat sebuah gua yang cukup untuk duduk 4 orang,tinggi di dalamnya setinggi orang berdiri. Gua tersebut dikenal dengan subutan gua hiro.

    Jabal Nur dan gua hiro sangat penting dalam sejarah islam karena di gua inilah Nabi Muhammad menerima wahyu ynag pertama, yait surat Al-'Alaq 1-5.
  3. Jabal Sur

  4. Disebelah selatan masjidil Haram sejauh kurang lebih 6 km terdapat Jabal Sur, tempat ini mempunyai nilai penting dalam sejarah islam.

    Rasulullah SAW bersama-sama dengan Abu Bakar Ashidiq pernah melindungkan diri di gunung tersebutwaktu hendak hijrah ke Madinah. Menurut riwayat, setelah Rasulullah SAW selamat dari kepungan orang kafir quraisy di rumahnya, maka beliau dengan diam-diam menyinggahi sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq.

    Dari rumah Abu Bakar beliau bersama-sama dengan Abu Bakar berlindung menyembunyikan diri di Jabbal Sur kemudian menuju ke Madinah. Sebabagian orang-orang kafir Quraisy waktu mengejar Rasulullah SAW ada yang telah sampai di gua sur, mereka mendapatkan gua tersebut tertutup dengan sarang laba-laba, dan nampak disiitu burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya. Dengan melihat keadaan yang sedemikian itu, mereka berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut.

    Sewaktu orang-orang Quraisy dimuka gua, sahabat Abu Bakar sangat merasa cemas karena takut keberadaannya di ketahui oleh orang-orang Quraisy, kemudian turukah wahyu Allah surat At-Taubah ayat 40. Setelah orang Quraisy pergi maka beberapa hari kemudian Abu Bakar berangkat menuju Madinah dengan selamat. Di atas Jabal Sur terdapat sebuah gua. Jika ingin masuk ke dalam gua harus bertiarap dan setelah masuk hanya dapat duduk saja.
  5. Jabal Rahmah

  6. Di padang Arafah terlihat sebuah bukit yang di atasnya terdapat sebuah tugu, bukit tersebut bernama Jabal Rahmah. Menurut riwayat sewaktu Nabi Adam AS dan Siti Hawa turun dari surga, keduanya terpisah dalam waktu yang cukup lamasampai 100 tahun. Antara satu dengan yang lain saling mencari, akhirnya bertemu di padang Arafah dan berkumpul di Jabal Rahmah.

    Jemaah haji yang kuat umumnya naik ke Jabal Rahmah. Pada kaki Jabal Rahmah sebelah timur dalam jarak kurang lebih 40 meter adalah tempat Rasulullah SAW berwukuf.
  7. Masjid Jin

  8. Masjid Jin terletak didekat ma'la. Dinamakan Masjid Jin karena para jin bersepakat (berbai'at) mengakui Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah dan disitu pula tempat turunnya wahyu surat jin. Masjid Jin ada kaitanya dengan asbab al-nujul Al-Qur'an surat Jin 1-2.
  9. Maulid Nabi

  10. Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.
  11. Jaronah

  12. Tempat Nabi Muhammad SAW miqat setelah perang hunen.
  13. Tan'im

  14. Tempat Siti 'Aisyah miqat umrah setelah ibadah haji, karena ia tidak thawaf umrah sebelum haji, disebabkan haidl.

    Tempat Ziarah Di Madinah

  15. Makam Rasulullah, Sahabat Umar, dan Abu Bakar

  16. Makam Mreka berada di Masjid Nabawi tepatnya di sudut Masjid Nabawi
  17. Baqi

  18. Baqi adalah makam para sahabat dan keluarga nabi yang wafat di Madinah yang letaknya sebelah utara Masjid Nabawi.
  19. Masjid Quba

  20. Masjid Quba yaitu masjid yang pertama dibangun oleh Nabi yang letaknya sekitar 5 kilometer sebelah kota Madinah
  21. Masjid Qiblatain (Dua kiblat)

  22. Masjid ini adalah masjid Bani Slamah, tempat turunnya surat Al-Baqarah ayat 144 yang memerintahkan shalat menghadap ke Masjidil Haram, dimana sebelumnya menghadap ke Baitul Maqdis.
  23. Jabal Uhud

  24. Jabal uhud yaitu gunung besar yang ada di Uhud Madinah yaitu tempat dimana gugurnya Sayyidina Hamzah dan Syuhada lainnya.
  25. Khandaq

  26. Khandak adalah sebuah parit yang dibangun atas prakarsa Salman Al-Fari dalam satu peperangan yang disebut perang Khandaq.
Itulah 13 Tempat ziarah yang harus dikunjungi ketika kita Naik Haji atau umrah mudah-mudahan tempat-tempat tersebut bisa menjadi rferensi untuk berziarah ketempat-tempat yang berperang penting dalam perkembangan Islam.
Waassalam...